Beberapa Tanaman yang Berkhasiat Sebagai Obat

by Andre Prima , at 2:07 PM , has 2 comments
Pada beberapa tumbuhan tertentu terdapat beberapa zat aktif atau zat yang dapat berfungsi khusus, misal mengikat atau mematikan bakteri berbahaya, mengaktifkan kerja oragan tubuh lebih baik, memperlancar peredaran darah, menghancurkan batu ginjal, memperkuat tulang ataupun gigi. Zat aktif itu umumnya merupakan senyawa yang merupakan bagian dari alkaloid ataupun steroid yang dikandung pada tumbuh-tumbuhan yang biasa digunakan untuk pengoibatan tradisional maupun untuk campuranm dalam pengobatan modern.

Beberapa obat tradisional yang biasa digunakan antara lain :

1.    Kunyit
Kunyit dengan nama latin Curcumae domesticae Rhizo atau dikenal dalam bahasa daerah koneng, kuneh, kunir, kunyir, kuning dan lain sebagainya. Merupakan tumbuhan rempah-rempah yang banyak khasiatnya. Kunyit merupakan salah satu jenis tanaman obat yang banyak memiliki manfaat, antara lain sebagai bumbu masak, pewarna makanan-minuman alami, obat-obatan alami, maupun sebagai campuran bahan kosmetik.
Marioatha Blog Tanaman Kunyit
Bagian utama dari tanaman ini adalah rimpangnya yang berada didalam tanah, dengan warna rimpang kuning tua atau jingga terang. Rimpang tanaman ini biasanya tumbuh menjalar dan rimpang induk biasanya berbentuk ellips. Perbanyakannya dengan anakan. Tanaman ini tumbuh diladang dan di hutan. terutama dihutan jati.
Adapun khasiat rimpang kunyit secara umum adalah sebagai anti bakteri, fungisida, stimulan, kholagog, stomakik, antispasmodik, anti inflamasi dan kholeretik. Secara khusus, rimpang kunyit sangat bermanfaat sebagai antikoagulan, menurunkan tekanan darah, obat cacing, obat asma, penambah darah, obat sakit perut, diare, usus buntu, dan rematik. Selain berkhasiat dalam pengobatan, rimpang kunyit juga banyak digunakan untuk bahan pewarna alami untuk makanan atau obat dan bahan campuran kosmetika.

2.    Kumis Kucing
Kumis kucing atau nama latinnya Orthosipon Stamineus Benth merupakan tumbuhan yang mempunyai habitat di ladang, di tepi sungai dan ditempat-tempat yang tanahnya agak lembab sampai ketinggian 700 meter diatas permukaan laut. Selain tumbuh diladang, karena mempunyai bunga yang indah, juga sering ditanam sebagai tanaman hias, atau sengaja ditanam sebagai tanaman obat.
Marioatha Blog Kumis Kucing
Tanaman ini berbatang basah berbentuk empat persegi dan mudah dipatahkan, daunya berbentuk bulat telur, bunganya berwarna putih seperti kumis kucing, dan mempunyai ketinggian hingga 1,5 meter.
Tanaman ini mengandung bahan kimia genkosid orthosifonim, zat lemak, minyak astiri, minyak lemak, saponin, sapofonin, maupun garam kalium. Tanaman ini berkhasiat sebagai anti inflamasi (anti bakar) maupun diuretik (obat pelancar pembuangan urine).

3.    Kemangi
Kemangi dengan nama latin Ocimum Basilicum L. dan nama daerahnya surawung ataupun kemangen, merupakan tanaman semak yang tumbuh tegak dengan bau khas. Tanaman ini berbunga dengan bentuk bulir berwarna putih dan merah muda. bijinya bila kena air menggelembung seperti agar-agar.
Marioatha Blog Kemangi
Tanaman ini mempunyai ketinggian hingga 1,5 meter dan tumbuh pada dataran rendah sampai ketinggian 1300 meter diatas permukaan laut. Tanaman ini mengandung bahan kimia eugenol sineol, metilkhavikol, protein, kalsium. Tanaman ini berkhasiat sebagai diaforetikum (obat yg merangsang pengeluaran keringat).

4.    Keji Beling
Keji Bijing dengan nama latinnya Reulla napifera Zoll Mor dan nama daerahnya enyoh kelo, daun picah beling, keci beling.
Tanaman semak ini mempunyai ketinggian antara 1 sampai 2 meter. Tanaman ini tumuh liar diladang pada daerah dengan ketinggian hingga 750 meter di atas permukaan laut.
Marioatha Blog Keji Beling
Bagian tanaman yang digunakan untuk pengobatan adalah daun. tanaman ini mempunyai kandungan kimia, antara lain garam alkali, asam silikat, karbonat, triterpena. Tanaman ini berkhasiat sebagai diuretik. Tanaman ini digunakan sebagai obat tradisional yang dapat mengobati kencing batu.

5.    Kecubung
Kecubung dengan nama latin Datura metel L. dan nama daerahnya kecubung atau cobung. Tanaman ini berupa tanaman perdu, dengan batang berkayu, bentuk batang bengkok tinggi dapat mencapai ketinggian hingga 1,5 meter
Tanaman ini tumbuh liar dihutan dan dapat tumbuh diperkarangan. Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat tradisional yaitu, bunga, daun, maupun buah.Tanaman ini mengandung bahan kimia alkaloid.
Marioatha Blog Kecubung
Tanaman ini berkhasiat sebagai spasmolitik, antitusif dan analgesik. Tanaman ini dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati bengkak pada kulit dan kuping kopok.

6.    Kayu Putih
Kayu Putih nama latinnya Melaleuca leucadendra L. dan nama daerahnya gelam, kayu gelam, waru gelang ataupun ilano.
Marioatha Blog Kayu Putih
Kayu putih tumbuh didaerah berawa-rawa bahkan dalam air, dataran rendah ataupun di pegunungan. Minyak berasal dari daun dan buah. Kandungan minyak berupa minyak astiri (kayuputol, terpineol). Khasiat tanin, yaitu diaforetik, analgesik, desinfektan, ekspetoran, dan antispasmodik.
Tanaman obat ini dapat digunakan pada berbagai pengobatan alternatif, misalnya : batuk, demam, nyeri haid, nyeri sendi.

7.    Lidah Buaya
Lidah Buaya nama latinnya Aloe Vera Linn atau Aloe Barbadensis, dan nama daerahnya letak buaya, jadam Lidah Buaya, Crocodiles Tongues, Jadam, Salvila, Lu Hui.
Marioatha Blog Lidah Buaya Aloe Vera
Tanaman ini tumbuh liar di tempat yang berhawa panas atau ditanam di pot maupun perkarangan rumah sebagai tanaman hias.
Tanaman Aloe Vera berkhasiat sebagai obat tradisional sebagai anti radang, pencahar (Laxative), anti inflamasi; Lakasatif; Stomakik; Ekspektoran, maupun parasitiside. Proses pengobatan herba ini dengan cara masuk ke meridian jantung, hati dan pankreas. Tanaman herba ini mengandung bahan-bahan kimia yang berkhasiat antara lain aloin, barbaloin, isobarbaloin, aloe emodin, aloenin, betabarboloin dan damar.

8.    Leunca
Leunca nama latinnya Solanum Nigrum L. dan nama daerahnya bobase Ranti, Piit; Boose. Tanaman leunca merupakan tumbuhan semusim, dengan ketinggian mencapai 30 hingga 175 cm.
Marioatha Blog Leunca
Tanaman ini tumbuh liar di berbagai tempat pada dataran rendah sampai 3000 meter di atas permukaan laut. tanaman ini mengandung berbagai bahan kimia berkhasiat antara lain glikoalkaloid solanin, solasonin, solamargin; solasodin, solanidin, diosgenin, atroponin, saponin, zat samak, minyak lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A dan Vitamin C. Tanaman ini berkhasiat sebagai analgesik; anti radang dan anti bakteri.

Sumber : Modul UT "Materi dan Pembelajaran IPA SD"
Andre Prima
About
Beberapa Tanaman yang Berkhasiat Sebagai Obat - written by Andre Prima , published at 2:07 PM, categorized as Lain-lain , Pendidikan . And has 2 comments
2 comments Add a comment
Infonya bagus sob buat nambah pengetahuan tentang tanaman yang berkhasiat sebagai obat. makasih banyak
Reply Delete
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 MARIOATHA BLOG
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger