RPP Seni Budaya dan Keterampilan / SBK Kelas VI Semester II

by Andre Prima , at 9:32 AM , has 0 comments
Terkadang mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan hanya dipandang sebelah mata oleh guru SD yang merangkap semua mata pelajaran, dikarenakan tidak semua guru SD menguasai materi pelajaran tersebut. Karena materi SBK mencakup Seni rupa yang mengajarkan tentang segala seni yang ada di negara kita contohnya seni membatik, menggambar ekspresi, maupun seni lainnya yang ada di daerah-daerah tertentu.  Materi berikutnya yaitu tentang Seni musik dan Seni Tari yang membutuhkan keahlian khusus untuk menerapkan ke anak atau siswa, dan yang terakhir aspek Keterampilan yang mengajarkan tentang segala macam kerajinan tangan. Biasanya di sekolah-sekolah tertentu menunjuk guru khusus yang dapat mengajarkan mata pelajaran SBK. Tetapi tetap guru tersebut tidak harus terampil di segala bidang materi SBK tetapi juga harus dapat membuat Rencana pelaksanaan pembelajaran atau RPP Seni Budaya dan Keterampilan ( SBK ) Kelas VI Semester II  berkarakter. Berikut ini adalah contoh RPP SBK Kelas VI Semester II yang dapat di jadikan Referensi.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah              :   SDN. Mangga Dua Selatan 01 Pagi
Mata Pelajaran             :   Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester             :   VI/ II
Alokasi Waktu              :   ….. x 35 Menit
Hari / Tanggal              :   ………………………………….

SENI RUPA
A.    Standar  Kompetensi
9. Mengapresiasi  karya seni rupa

B.     Kompetensi Dasar :
9.1 Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain 

C.    Indikator
·         Mengamati beberapa gambar/foto/model ragam hias batik Nusantara daerah lain
·         Mengidentifikasi ragam hias batik Nusantara daerah lain
·         Mengidentifikasi teknik  dan bahan pembuatan batik
D.    Tujuan Pembelajaran**
Mengenal berbagai jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ), Ketelitian (carefulness), Kerja sama (Cooperation), Percaya diri ( Confidence )

E.     Materi Ajar
Jenis motif hias.

F.     Metoda Pembelajaran
1.  apersepsi (pengamatan)
2.  ekspositori (menerangkan)
3.  tanya jawab
4.  latihan

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan pengamatan gambar/foto/model berbagai motif hias Nusantara
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik  dapat Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain
F Mengeksposisi keragaman motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran

H.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·         Buku paket SBK standar isi 2006
·         Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·         Model karya seni rupa tiga dimensi
·         Gambar atau foto

I.       Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·      Mengamati beberapa gambar/foto/model ragam hias batik Nusantara daerah lain
·      Mengidentifikasi ragam hias batik Nusantara daerah lain
·      Mengidentifikasi teknik  dan bahan pembuatan batik
praktek
praktek
Buatkan gambar/foto/model ragam hias batik Nusantara daerah lain

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah

4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.

Praktek


Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.






  
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

Mengetahui,
Kepala Sekolah



Dra. PAINAH, M.Pd
NIP. 196309191985032001

RPP SBK Kelas I - VI


Wali Kelas VI



ANDRE PRIMA






Advertisement

Andre Prima
About
RPP Seni Budaya dan Keterampilan / SBK Kelas VI Semester II - written by Andre Prima , published at 9:32 AM, categorized as Pendidikan . And has 0 comments
0 comments Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 MARIOATHA BLOG
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger